Tuesday, November 17, 2009

"Dia" muncul pertama kali

Hari ini aku bener2 ngerasain bosen, job yang ada cuman nunggu Lube Oil (LO) Flushing BFW pump. Jadi kerja ku cuman ganti strainer, trus duduk dari jam 08.00-11.30, istirahat, 13.00-17.45. Bener-bener membosankan. Jadi aku saking bosan dan ngantuknya aku milih ke kantin. Cari minum trus balik lagi, biar ngga ngapa2in tapi klo bosen bisa ngerasa ngantuk dan haus juga. Kadang emang ngecek STG si, gara2 kemaren vendor start LO pump-nya tanpa izin MHI. Kadang2 ke Syn gas compressor siap LO Flushing di sana.


Jadi aku ke kantin, beli minum, dan terjadilah dilemma “iCafe, Kratingdaeng, ato Coke Zero ya?”, aku milih Coke Zero, soalnya iCafe dan Kratingdaeng klo ngga banyak kerja, malah deg2an jantungnya. Jadi aku duduk dideket welder pre-commissioning yang lagi makan. Sempet ngobrol bentar, dia cerita tentang gaji, dan labor supply yang ngga beres. Aku cuman bisa bilang “oh gitu ya pak?” “masa pak?” dst. Sampe akhirnya dia keluar, mungkin bosen sama jawaban ku yang garing semi cuek.


Tiba-tiba masuklah Harada-san, SI-nya pre-commissioning MHI. Kaget juga si, tapi aku cuek aja kusenyumin aja, dibales anggukan kepalanya. “Ah ngga peduli, mau dia marah. Mau dia apa juga ngga peduli, paling parah ya dipulangin,” pikirku agak marah ma keadaan. “Aku engineer, disini dibuat kek aku foreman! Mana gajinya foreman sini lebih gede lagi dari aku, gila masa seharian cuman disuruh duduk2 doank kek orang bego,” aku ngeluh lagi. *Jadi lo ngerasa lebih hebat dari ini?* tau2 ada suara dikepalaku.


Coke Zero-ku uda habis, Harada blom selesai beli minumnya, “ho ternyata dia beli 100 plus (semacam minuman isotonic), kerja duduk doank ngapain minum kek gitu?” bener2 moodku hari ini lagi jelek banget. “bener2 abis ini tinggal ah ngapain disini, cape ngempet” ngumpat lagi *ngapain diempet?*, suaranya keluar lagi…siapa si ini?? Aku blom pernah ngobrol ma dia



Anggik (A) : “ya bisa si dikeluarin, paling parah juga dipulangin he3”

Suara (S) : *pilihan mu cuman 2, dikeluarin ato di-ikhlisan*

A : “ha? Iya aku ngempet, apa bedanya?”

S : *lo bener2 ngga tau ya? Ngempet bikin penyakit, jadi harus dikeluarin ato diikhlasin*

A : “ya uda kukeluarin aja! Klo lebih parah lagi paling dipecat!”

S : *kayak anak kecil aja lo, klo dipecat lo mau apa? Balik lagi ke rumah orang tua lo? Ngga malu apa lo? Bebanin orang tua lagi?*

A : “sopo si kon, aku lo ngga bodo tapi dikongkon kerjo kek orang bego, aku lo ngga wedi, dee ngamuk aku yo ngga wedi!”

S : *lo tu laki, cowo tu ngga dinilai dari ini ‘sambil nunjukkin kepalan tangannya’ ato ini ‘sambil nunjuk kepalanya’ tapi ininya ‘sekarang dia nunjuk jantungnya’*

A : “maksudnya?”

S : *lo gini aja uda uring2an, lo tu cowo, insyaAllah suatu saat lo bakal jadi suami, ayah n kepala rumah tangga. Gimana lo bisa jadi bapak yang baek klo dikit2 ada masalah lo ngamuk2 kek orang gila, trus lo ngga bisa pegang tanggung jawab pengennya kabur aja, jadi kepala rumah tangga kek apa lo ntar?* -dengan nada cuek dan datar-

A : “…”

S : *Ego lo gede banget ya? Tau ngga berapa orang yang mati2an cari kerja, dapet kerja kek gini lo tu uda beruntung banget. Jangan bilang orang2 ngga mau kerja kek lo, la gimana mau tertarik, lo cerita kek disini tuh parah banget. Ikhlasin aja nggik* -masih dengan nada datar, dia kliatan senyum sambil megang rokok ditangan kanannya, anehnya rokoknya kq ngga abis2 ya?-


Pada saat ini aku uda sampe di BFW pump, pikiranku masih ngelayang. Tiba-tiba kepikiran pengen nulis percakapanku ma *dia*. Trus suara itu ilang, ngga bersuara lagi.


Yang bikin aku kaget aku ngga pernah ngobrol ma dia. Biasanya cuman ada 3 suara dikepalaku Anggik, Anggik-A dan Anggik-B. Anggik tuh aku, biasanya yang bimbang n bingung tapi tetep ngambil keputusan, Anggik-A tuh suara yang irasional, kekenak2an, dan cuek banget, Anggik-B suaraku yang pesimis, suka bego2in diri sendiri dan sarkastik.


Anggik tu suaraku, Anggik-A sering pake suara-ku yang disok imutin ato sok dicuekin, Anggik-B sering pake suara kek suara papa.


Suara baru ini beda, logatnya Jakarta banget, nadanya cuek, senyumnya ikhlas tapi klo liat ngeselin. Aku ngga pernah ngobrol ma dia, kenapa dia tiba2 muncul ya?


“Hmmm kutulis ngga ya ngobrol ku ma ‘dia’?” pikirku sambil bolak balik ngiterin pompa….


*Klo ikhlas itu bukan urusanku tapi urusan hati lo*


Sempakkkkk ni “orang” bener kek jelangkung, datang tak dijemput, pulang ta diantar....


BTW “orang” ini blom ada nama, ada yang bisa kasi nama ngga?

No comments: